Subscribe Us

TRADISI HARGA NAIK JELANG RAMADHAN


#Popro (Pojok Propagandis)


Vivisualiterasi.com- Sudah menjadi hal yang biasa ketika akan memasuki bulan Ramadhan sejumlah harga bahan pokok seperti telur, gula, cabai, dan daging ayam ras mengalami kenaikan. Hal tersebut salah satu penyebabnya karena menjelang bulan ramadhan masyarakat akan berbelanja lebih banyak untuk persediaan selama puasa. Maka sesuai dengan teori ekonomi kapitalisme semakin banyak permintaan maka harga akan semakin meningkat.

Terpenuhinya kebutuhan pokok setiap individu merupakan tanggung jawab negara. Bila setiap menjelang ramadhan harga naik, sudah seharusnya negara melakukan evaluasi dari tahun sebelumnya dan juga melakukan strategi untuk mengantisipasi agar harga bisa stabil di tahun selanjutnya. Apakah disebabkan oleh keterbatasan persediaan, penimbunan atau permainan harga.

Maka negara harus menjamin bahwa transaksi perdagangan di pasar, bebas dari spekulasi dan kecurangan. Bila diketahui adanya permainan harga maka sudah seharusnya negara bersikap tegas untuk memberikan sanksi. Disamping itu, negara juga harus menjamin  ketersediaan pangan dan juga pendistribusiannya yang merata. Inilah tugas negara sebagai pelayan (ro'in) mengawasi agar harga pangan tetep terjangkau oleh rakyat tidak hanya di bulan Ramadhan namun juga di bulan - bulan lainnya. (Ida Annisa / Aktivis Muslimah)

Posting Komentar

0 Komentar