Subscribe Us

PENTINGNYA SILATURAHMI PADA GENERASI MILENIAL

Oleh Pahrul Ulum
(Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung)


Vivisualiterasi.com-Banyak hal yang membuat tali silaturahmi putus pada masa ini. Itu terjadi karena kesengajaan ataupun tidak. Salah satunya dengan menggunakan handphone. Walaupun hanya berdiam diri di rumah, tapi ketika menggunakan handphone kita tidak sengaja membuat orang lain tersinggung dan tali silaturahmi menjadi terputus.

Pada generasi milenial ini, sebagian manusia sudah melupakan pentingnya silaturahmi. Tidak mau untuk bertoleransi kepada sesama lingkungannya. Itu karena kemajuan teknologi informasi yang berdampak pada generalisasi budaya dan sosial bagi generasi milenial. Yang dipikirkan oleh generasi milenial ini adalah bagaimana dia bisa maju dan sukses, yang kadang membuat dia lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Bagaimana orang mau membantu jika, kita tidak bisa menghargai atau mendekatkan diri kepada orang lain?

Silaturahmi adalah upaya untuk mendekatkan kepada Allah dan juga untuk menyambung tali persaudaraan kepada sesama manusia. Silaturahmi termasuk amalan sunnah yang akan menjauhkan pelakunya dari api neraka dan menjauhkan dari perselisihan di dunia ini. 

Pada dasarnya, manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa, yang membuat tali persaudaraan menjadi terputus. Silaturahmi bisa menyambungkan tali yang sudah putus tersebut, oleh karena itu silaturahmi memiliki banyak manfaat dan keutamaannya.

Silaturahmi tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar. Cukup dengan bersalaman, menanyakan kabar, dan mengobrol sebentar. Hal tersebut akan membuat orang simpati kepada kita. Jika punya kesalahan pada orang lain maka orang tersebut akan mudah untuk memaafkannya. Itulah salah satu keutamaan silaturahmi, sehingga bisa lebih tenang dalam menjalani dunia ini.

Oleh karena itu, kita harus pintar dalam memanfaatkan teknologi masa sekarang, salah satunya untuk menyambungkan tali silaturahmi. Memulainya terlebih dahulu dari pada orang lain adalah keutamaan. Memaafkan kesalahan orang lain adalah kewajiban. 

Satu hal yang perlu ditanamkan pada generasi milenial adalah manusia tidak akan pernah bisa sukses dengan sendirian, karena manusia sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Jika ingin sukses di dunia, maka harus sering menyambungkan tali silaturahmi. Agar banyak yang akan membantu ketika kita butuh dan jatuh dalam menggapai kesuksesan. 

Itulah betapa pentingnya silaturahmi pada generasi milenial ini. Kesuksesan akan lebih mudah diraih dan memiliki lingkungan yang sangat baik. Marilah kita saling menyambungkan tali silaturahmi dengan memulai merubah sikap diri sendiri, agar generasi milenial ini bisa menjadi lebih baik. Sebagaimana firman Allah:

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum hingga kaum tersebut merubah apa yang ada pada dirinya." (QS. ar-Ra'd: 11)

Wallahu a'lam bish-shawab. [Irw]

Posting Komentar

0 Komentar