Subscribe Us

PENGANTAR PEMIKIRAN ISLAM




Vivisualiterasi.com-Kuliah Pemikiran Islam (KUPAS) dengan topik "Pengantar Pemikiran Islam" yang diadakan oleh PD LIDMI Kendari pada Ahad, 15 maret 2020 berlangsung selama 3 jam yakni pukul 17.30-20.30. Kegiatan ini bertempat di Aula Masjid La Ode Malim UHO.

Kegiatan ini dihadiri 30 orang dari jumlah peserta 38 orang yang telah tergabung dalam grup peserta KUPAS. Peserta yang hadir para mahasiswa aktivis dari berbagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yaitu diantaranya LDK Ulul al-Baab UHO, FDK al-Bashirah IAIN Kendari, dan Komunitas Pecinta Qur'an Universitas Muhammadiyah Kendari.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ustadz Hasrin, S.Si., M.Pd.i.  Narasumber juga merupakan alumni ketua LDK Ulul Al Baab UHO 2008-2009 dan saat ini sebagai Direktur Wahdah Islamiyah Boarding School Kendari.

Pengantar yang disampaikan oleh narasumber yaitu tentang Pengantar Pemikiran Islam bahwa bagaimana kita memahami problem/masalah dengan pemikiran Islam.


Pemikiran artinya kerja akal untuk memikirkan sesuatu, cara pandang kita pada objek tertentu, dengan cara pandang tersebut melahirkan gagasan/buah pikirkan yang bersumber dari wahyu untuk menjawab persoalan-persoalan manusia.

Membahas pemikiran Islam tidak dapat dilepaskan dengan konsep worldview. Wordview merupakan cara pandang terhadap objek yang diindra oleh seseorang. Artinya, hasil pemikiran seseorang sangat ditentukan oleh worldview yang dimilikinya.

Islamic worldview (Pandangan Hidup/Pandangan Alam Islam) adalah pemahaman seorang Muslim terhadap konsep-konsep pokok dalam Islam.
Pemahaman setiap manusia akan memperngaruhi perilakunya. Cara pandang, sikap, dan perilaku seorang manusia ditentukan oleh bagaimana ia memahami suatu objek yang diinderanya.


Sebagai contoh, seorang Muslim yang memiliki pandangan hidup
Islam, akan berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki pandangan hidup Islam, ketika kedua-duanya sama-sama melihat babi. Betapapun indah dan lezatnya masakan daging babi, seorang
Muslim akan memahaminya sebagai barang haram yang harus dijauhi.

Jadi pemikiran Islam sangat penting untuk mengokohkan pondasi aqidah yang dimilikinya. Juga diharapkan untuk dapat menjawab dan membantah pemikiran-pemikiran menyimpang yang disebarkan oleh musuh - musuh Islam. Karena di dalamnya akan dipelajari konsep Tuhan, konsep wahyu, konsep Diin, konsep Nabi, konsep manusia dan lain - lain dalam perspektif Islam.

PD LIDMI Kendari mengagendakan Kuliah Pemikiran Islam (KUPAS) secara berkesinambungan dilakukan 1 kali dalam sebulan, dimana topik dalam kuliah ini terdiri dari  12 topik yang insyaa Allah akan dibahas 1 topik setiap bulan nya.[]

Posting Komentar

0 Komentar