Subscribe Us

KEMBALIKAN PERAN MAHASISWA, TIANG - TIANG NEGARA DARI INDONESIA TIMUR MENYUARAKAN BE A SMART MUSLIM


Vivisualiterasi.com-Makassar, 5/10/2019 Back To Muslim Identity Chapter Unhas bekerjasama dengan Komunitas Imunologi Unhas (Universitas Hasanuddin) telah mengadakan Talkshow dengan tema Be A Smart Muslim.

Talkshow yang diketuai oleh saudari Kartini, mahasiswi dari fakultas kesehatan masyarakat ini diadakan sebagai bentuk keprihatinan sekaligus kepedulian menghadapi fenomena mahasiswa sekarang ini yang sangat jauh dari gambaran atau peran mahasiswa yang seharusnya.

Pada kesempatan ini, Kartini mengatakan kepada redaksi web vivisualiterasi.com bahwa mahasiswa seharusnya memiliki sifat idealis. Namun, pada kenyataannya idealisme mereka sudah hilang dari tengah - tengah masyarakat kampus.


Maka dengan mengusung tema talkshow Be A Smart Muslim, kami mengajak mahasiswa dan menumbuhkan kesadaran dalam dirinya bahwa menjadi mahasiswa bukan hanya harus cerdas secara akademik yang mengejar IPK tinggi atau kelulusan secepatnya. Akan tetapi mahasiswa juga harus cerdas secara spiritual, yakni melibatkan agama dalam segala aspek kehidupan, pungkasnya.

Mengingat, 'fitrah'nya mahasiswa adalah sebagai tonggak perubahan. Mereka adalah para pemuda intelektual yang sudah tentu mampu membedakan antara salah dan benar, antara keadilan dan kebathilan. Jiwa ke-mahasiswa-an harus berani menyuarakan kebenaran dan menuntut keadilan ditengah masyarakat, serta mampu menyelesaikan dan memberikan solusi atas permasalahan - permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Olehnya itu, kami ingin membangun kembali karakter - karakter mahasiswa yang idealis, kritis, peka, serta peduli terhadap masyarakat, tambahnya.

Dalam talkshow ini, dihadirkan Ibu Dr. Andi Detty Yunianti, S. Hut., MP sebagai keynote speaker. Saudari Zainab Said dari Mahasiswi Kedokteran Unhas sebagai pembicara satu dan Saudari Hardianti Lestari, S. Si yang merupakan alumni dari Mahasiswi Farmasi Unhas
sebagai pembicara dua.

Teman - teman dari BMI chapter Unhas sebagai salah satu penyelenggara talkshow berharap agar semakin banyak mahasiswa - mahasiswa Islam kembali ke identitasnya sebagai seorang muslim, menjadikan Islam sebagai way of life (jalan hidupnya) dan terus bersemangat dalam menuntut ilmu Agama.

Talkshow ini khusus perempuan muslimah, dihadiri oleh tujuh puluhan mahasiswi dari berbagai jurusan dan fakultas kampus Unhas. Kegiatan seperti inilah sepatutnya mendapat apresiasi bangsa, apalagi yang mengadakan adalah para perempuan berpendidikan. Dimana kita ketahui bahwa perempuan adalah tiang negara, jika rusak perempuan maka rusak pula lah negara.

Maka dari itu, perempuan (baca: mahasiswi) harus peka terhadap kondisi mahasiswa yang merupakan aset bangsa di masa depan. Menyikapinya dengan jalan berdiskusi atau lewat forum - forum kajian, talkshow, dan lain - lain demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu akan membawa mereka lebih bersahaja dan terhormat.[v]

Posting Komentar

0 Komentar